Informasi, dari burung sampai gadget

Standar

Jaman dulu, burung memegang peranan penting dalam sejarah komunikasi manusia. dulu,burung digunakan untuk mengirimkan surat terutama bila jarak tujuannnya jauh. terus dulu juga orang2 indonesia suka pake kentongan buat ngumpulin orang2 sekitarnya. hal tersebut menandakan manusia butuh komunikasi dalam hidupnya. ga bisa manusia hidup sendiri…

Jaman terus berganti, masuk ke eranya teknologi informasi. sejak telepon ditemukan, ia begitu populer dalam komunikasi manusia. di indonesia(ga tau klo luar negeri) pernah menjamur usaha warung telepon atau biasa dikenal dengan wartel. sebenarnya adanya wartel itu untuk menjembatani komunikasi yang ingin segera dilakukan. maksudnya,ketika kita ingin segera mengirimkan informasi atau kabar kepada seseorang yang berada di tempat lain, kita bisa manfaatkan wartel itu. memang, waktu itu handphone(HP) udah ada tapi yang punya baru kalangan tertentu.

Pada jaman itu juga sudah ada layanan pesan singkat melalui gadget yang namanya pager. yah, semacam alat untuk menerima pesan singkat, tapi untuk mengirimkan pesan, sang pengirim harus menghubungi operator terlebih dulu untuk menyebutkan pesannya.
Ada lagi yang namanya telegram, semacam surat juga tapi waktu pengiriman ke tujuan dijanjikan lebih cepat daripada surat biasa sehingga lebih mahal ditambah lagi cara penulisannya yang berbeda dengan surat biasa.

Eranya semakin maju, wartel, surat, telegram, pager, dsb mulai tersisihkan sejak adanya layanan Short Message Service (SMS). Layanan ini disediakan operator sellular yang digunakan untuk mengirimkan pesan singkat melalui handphone. jadinya, keberadaan kantor pos, wartel, pager dan sebagainya menjadi tersisihkan tapi bukan berarti dilupakan. buktinya masih banyak yg menggunakan jasa pos untuk mengirimkan surat atau paket barang.
Teknologi makin berkembang saja tentunya, dari Internet kita bisa juga berkirim surat yang biasa disebut elektronik mail (e-mail). intinya sama saja yaitu pengiriman informasi. tapi yang ini tidak hanya dapat mengirimkan teks saja, data berupa suara, gambar, bahkan video dapat dapat dikirimkan melalui e-mail ini, tapi tentunya dengan kapasitas yang dibatasi. Informasi dapat diakses semua orang, semua kalangan sejak adanya teknologi Internet. segala informasi dapat ditemukan di Internet dari hal yang menuntun ke kita surga sampai yang menuntun kita ke neraka. tinggal mau pilih yang mana aja…

Saat ini menjamur tempat2 yang menyediakan jasa akses Internet terutama yang namanya Warung Internet (warnet). juga tempat2 yang menyediakan wilayah hot-spot yang dapat digunakan orang untuk mengakses Internet, ada yang berbayar ada juga yang tidak.

Hmm… kayaknya teknologi informasi belum berhenti sampai ia(baca:teknologi informasi) menemukan bentuknya. mungkin (menurutku nih…), bakalnya orang ga butuh lagi yang namanya warnet seperti halnya orang ga butuh wartel karena adanya layanan SMS. soalnya sekarang sudah ada yang namanya USB modem. dengan USB modem ini kita bisa mudah berinternet karena USB modem ini memanfaatkan sinyal operator sellular dan tentunya layanan ini berbayar, untuk bisa mendapatkan jalur akses Internet dengan memasukkan SIM card sellular ke USB modem selluar tersebut.
Tapi mungkin juga suatu saat orang ga butuh USB modem karena sudah ada gadget yang bisa langsung connect ke Internet. mungkin juga ada gadget yang lebih canggih dan personal.
all can be happen…

Ya, teknologi belum akan berhenti dan masih akan berkembang terus kedepan. tinggal bagaimana kita bisa menyikapinya, menggunakannya, serta memanfaatkannya sebaik dan semaksimal mungkin…

Ada yang sependapat?

One thought on “Informasi, dari burung sampai gadget

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s