Semalam di Jogja Gallery

Standar

http://jogja-gallery.com

Tadi malam (Jum’at 25/4) aku ke Jogja Gallery (JG). Gallery seni yang kata adikku gallery seni terbaik di Jogja dan mungkin salah satu yang terbaik di Indonesia. Memang sih, menurutku juga begitu. JG terletak di sekitar Alun-alun Utara Jogjakarta, ex Gedung Bioskop Soboharsono. Dari luar juga sudah terlihat berbeda, kalau hanya sekilas lewat di depannya , orang mungkin tidak menduga kalau itu sebuah gallery seni. Tapi kalau sudah masuk ke dalamnya apalagi menikmati karya-karya seni yang ditampilkan, selalu ada keinginan datang lagi di event-event seni berikutnya (buat aku sih seperti itu). Aku sendiri sering ke sana sama adikku. Karya-karya seni di sana selalu berkelas, bukan main-main. Aku datang ke sana dengan adikku (seniman yang ga mau kelihatan lusuh,,, piye dab?). Kita ke sana karena ada pembukaan event pameran seni visual bertajuk “Bali Art Now: Hibridity”. Seniman-seniman dari Bali menampilkan karya seninya yang bertema hybrid. Adikku yang mengajak ke JG, dan aku juga butuh refresh setelah unas, jadi ikut aja.

Di sana, pada saat pembukaan event seni, biasanya mengundang seniman-seniman yang karyanya ditampilkan pada event tersebut. Tadi malam, seniman-seniman dari Bali yang karyanya ditampilkan itu datang. Yang aku lihat, gayanya nyentrik-nyentrik. Mereka kebanyakan pakai pakaian khas bali yang bawahannya seperti sarung (ada yang motif papan catur, kotak2 hitam putih), bajunya santai seperti kemeja gitu, lalu di kepalanya pakai penutup/ikat kepala. Penampilannya mirip-mirip seperti di TV kalau ada upacara adat Bali gitu lah.

Enaknya di JG kalau datang waktu pembukaan, disediakan snack dan minuman untuk pengunjung, ada seniman-senimannya, lalu buku katalognya gratis. Tapi tadi malam waktu kita mau minta katalognya, kehabisan…yah! Karena memang yang datang tadi malam itu banyak dan sempat ngantri sebentar, ya kehabisan katalog.

Akhirnya setelah masuk, memang bagus-bagus karya seniman-seniman Bali ini. Ada beberapa karya seni yang membuat aku dan adikku berkesan. Ada lukisan besar bergambar pohon tua besar dengan environment warna gelap, teknik lukisnya itu lho, bagus banget. Lukisan itu ada di pojok depan sebelah kanan, kalau kita dari pintu masuk. Kemudian juga seni instalasi cermin besar panjang yang dibuat seperti terpotong-potong dan orang bisa berkaca di depannya. Ada lagi karya yang adikku suka, berbentuk gitar bass empat senar, yang terbuat dari kayu dan di ujungnya berbentuk ranting dan daun (dumeh bassist ngono…). Lalu lukisan yang mengambil tokoh sebuah patung kayu, ada 2 sekuel lukisan itu, di lanatai bawah dan di lantai dua dalam ruangan.

Dian Sastro
Waktu naik ke lantai dua, masih di tangga, adikku yang jalan di depanku bilang, “Tsan, itu Dian Sastro ya?”. Aku tanya, “Mana?”. Terus aku menoleh ke belakang, dari lantai dua aku lihat, beneran, Dian Sastro. “Iya Di, bener Dian Sastro”, kataku. Berarti dia tadi berpapasan di sampingku waktu di tangga, soalnya tangganya yang lebar itu jalannya jadi agak sempit, banyak orang duduk-duduk. Dia turun dari lantai dua, aku dan adikku naik ke lantai dua. Adikku pikir tadinya itu dia seperti bukan orang Indonesia, seperti orang Thailand atau Malaysia gitu. Lalu ada beberapa orang yang minta foto bareng dengannya. Dari lantai dua aku lihat Dian Sastro cantik banget. Bersih banget wajahnya. Waktu difoto-foto, senyumnya itu lho, nggak nguatin, what a nice girl!. Bener-bener manis emang… Dan dia…nggak lebih tinggi dari aku. Jadinya kalau disandingkan sama aku, masih pantes lah! Hehe… Terus dia keluar JG. Dia datang dengan temannya atau saudaranya gitu, nggak tahu sebagai tamu undangan pembukaan JG atau memang sengaja jalan-jalan ke JG lihat-lihat karya seni.

Yah, nyesel memang kehabisan katalog. Tapi kan paling nggak dapat Dian Sastro…🙂

Tinggalkan Balasan

