2 tahun gempa Jogja

Standar

Mungkin sekitar dua minggu lagi adalah peringatan dua tahun gempa Jogja. Gempa yang menelan banyak korban jiwa terutama di daerah Kabupaten Bantul. Pokoknya sekitar Jogja, semua merasakan gempa yang menurut catatan BMG berkekutatan 5,7 SR itu. Saudara yang tinggal di Magelang katanya juga sempat sedikit merasakan getaran gempa itu.

Gempa terjadi pada 27 Mei 2006. Waktu itu aku masih tidur, belum bangun. Tahu-tahu kok rasanya tempat tidur seperti bergetar. Aku sempat membuka mata sebentar dan berpikir “Oh, ini to rasanya gempa…”, lalu aku tidur lagi. Tapi getaran kok terasa tambah lama tambah keras. Dan aku dengar ibuku bilang, “Subhanallah… subhanallah…”. Wah, langsung aku bangun dan benar-benar sadar kalau itu gempa besar. Sambil bangun, aku sempat kepikiran, “Wah, rumah ini sebagian tembok tua, kalau roboh gimana…?”.

Langsung juga aku tarik adikku yang juga masih tidur. Menarik tubuh adikku saja juga agak sulit karena getaran gempa membuat tubuh tidak seimbang. Akhirnya kita semua keluar rumah. Di luar, tetangga-tetangga juga pada ribut. Ada yang baru pulang dari pasar, ada yang baru bangun juga, dll.

Beberapa saat muncul isu tsunami dari arah pantai selatan, Parangtritis. Aku mikir, “Kok aneh ada tsunami. Jauhnya kayak gitu kok cepet banget sampe kota?”. Kata tetangga bilang air di Kali Code naik, rumahku tidak jauh dari kali itu. Lalu aku lihat kalinya, biasa saja. Tidak ada yang aneh.

Banyak cerita seputar gempa itu. Sepanjang hari listrik putus. Malam hari suasananya mencekam. Masih terasa juga gempa-gempa susulan sampai beberapa hari setelahnya. Mau masuk rumah juga takut kalau ada gempa lagi. Jadinya tidur, makan juga di teras depan rumah. Banyak juga yang seperti itu.

Dulu sempat juga bikin semacam dokumentasi tentang gempa jogja. Jelek banget. Cuma rangakaian foto-foto Jogja pascagempa, pakai Ms Power Point Slideshow. Soalnya waktu itu aku belum kenal aplikasi sederhana movie maker bawaan Windows. Hehe…

Dan setelah gempa di Aceh dan Jogja, sepertinya juga diikuti gempa-gempa berikutnya di daerah-daerah lain dalam waktu yang tidak tentu. Mungkin ada yang masih ingat juga gempa sebesar 7 SR, malam hari sekitar Bulan Agustus tahun lalu yang pusat gempanya di daerah sekitar Jawa Barat – Jakarta. Hampir sebagian besar pulau Jawa merasakan gempa itu. Aku juga masih ingat cerita tentang gempa waktu itu. Sempat juga ikut aku ceritakan juga di Detik.com waktu itu.

hmm… earthquake…

2 thoughts on “2 tahun gempa Jogja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s