kuliah kamu = passion kamu?

Standar

🙂

Buat apa sih kamu kuliah? Ato lebih tepatnya, kamu kuliah untuk apa? (eh, sama aja ya?)

Mungkin akan ada banyak jawaban dari yang mau/sedang/sudah pernah kuliah

Ada yang cuma mau cari gelar atau ijazah (yang kemudian mungkin dilanjutkan “ijab sah”), disuruh orang tua, rutinitas pendidikan SD–> SMP–>SMA–> Kuliah (ini nih, sering aku mikir: apa menariknya hidup klo siklusnya gitu2 aja?), cari pacar, pengen punya temen banyak, buat bergaya (nih, gue nak kuliah. kampusnya ngetop loh! :D), etc…

Oke.. in this case, aku belum pernah kuliah. Walaupun sekarang ini aku posisinya bekerja, tapi kebutuhan untuk kuliah masih terasa besar. Kebutuhan? Ya, aku BUTUH kuliah. Aku niat kuliah nggak untuk ngejar gelar, buat aku gelar itu sifatnya bonus dari hasil belajar. Emang butuhku kuliah mau cari ilmu lebih banyak, di bidang yang aku minati. Jadinya memilih jurusan bukan karena disuruh orang lain, tapi memang mengkuti passion alias kata hati bahwa aku suka “ini”.

Emang sih, waktu sekolah di SMK kemarin aku nggak begitu kepikiran mau kuliah. Toh kompetensi anak-anak SMK sekarang sudah setara dengan D3. Tapi setelah kenal dunia kerja, aku pikir ternyata ga ada salahnya juga kuliah. Tinggal kembali ke orang itu sendiri tujuan kuliahnya mau buat apa.😉

Dan juga yang paling penting, MAU APA SETELAH KULIAH? Ada baiknya juga kalau anak-anak muda jaman sekarang selepas kuliah NGGAK CUMA BERGANTUNG NGELAMAR KERJA. Ya, coba mengkondisikan diri untuk setelah kuliah memiliki standar kompetensi yang (minimal) cukup bagus sehingga ada kemungkinan orang lain MENGAJAK KAMU BEKERJA SAMA, atau mungkin kamu memiliki KEBERANIAN UNTUK BERWIRAUSAHA, atau kepepetnya MELAMAR DI TEMPAT ORANG.🙂

Dalam hal ini maksudnya bukan untuk mengecilkan makna dari melamar kerja bahwa melamar itu sama dengan keputusasaan, atau nggak kreatif, atau nggak punya kompetensi😉. Toh juga orang yang membuka usaha akan membutuhkan karyawan yang (mungkin) didapatkan dari membuka lowongan kerja (menjaring pelamar kerja) dengan kualifikasi pelamar yang bagus, ya kan? Tapi yang paling penting adalah mengkondisikan diri untuk berani berproses menjalani tantangan, karena dunia kerja tidaklah seindah/ semudah yang dibayangkan. Karena di situ akan terasa bahwa hidup itu seperti apa, untuk apa, mau dibawa ke mana? (dengan siapa, berbuat apa… halah… -_-“)

Ya, seperti yang sudah sering disinggung para usahawan di Majalah SWA dan di televisi bahwa negara kita ini butuh sedikitnya 2% dari jumlah total penduduk, wirausaha yang membuka lapangan kerja. Untuk mengatasi (minimal mereduksi) masalah pengangguran di negeri kita yang kita cintai, yang kaya ini.

So, mau coba kembali meluruskan niat kuliah untuk apa?😉

3 thoughts on “kuliah kamu = passion kamu?

  1. hmm menarik. Betewe, aku kuliah buat apa ya? *nah lhoh*. Pertanyaannya mungkin bakal dijawab berbeza kalo ortu kita kebetulan adalah pemerhati pendidikan. entah itu guru atau dosen. Aku, lumayan terpengaruh sama kata-katanya ibuku syih, bahwa habis SMA, kuliah. Karena di bangku kuliah itu ada softskill yang nggak bisa kita pelajari di kehidupan sehari-hari. Contohe, dokter, psikolog, lawyer, dll. Betewe, aku ki ngomong opo yo? rak jelas. hahaha.

    Wah keren dong lulusan SMK, dah bisa langsung kerja. Udah punya ketrampilan sendiri daripada lulusan SMA.Salut!. *keplok-keplok*

    Indonesia –entah kenapa– di setiap lowongan kerja kadang dibutuhin yang CV pengalaman kerjanya yang udah puanjang lebar. Padahal nek di Jepang rak payu CV dhowo-dhowo. Artinya orang itu nggak konsisten, itu kl di Jepang.

    *komen geje* :p

  2. yup, ada softskill yang didapat di bangku kuliah akan jadi lebih sempurna lagi kalau bisa diterapkan di kehidupan bermasyarakat.
    ya, kalau di negara-negara maju kebanyakan emang nggak ngeliat gelar, tapi lebih kepada skill yang dimiliki orang itu. percuma ada gelar kalau skillnya nggak kompetitif (kalau gitu modelnya mending GELAR TIKAR, terus tiduran aja..)😀

    ya itulah makanya, mari anak muda Indonesia membenahi sikap agar kelak generasi Indonesia yang menerima pelamar kerja bukan mengutamakan GELAR tapi mengutamakan SKILL!🙂

  3. kuliah bukan nomor 1, yang penting bisa jeli melihat celah.. kakak saya S1 tapi ngga terpakai, malah suka ngeblag ngeblog.. makanya saya disuruh ngeblog..
    yang penting maju… hhehehe,,,

Tinggalkan Balasan

