meet the writer!

Standar

Sebelumnya nggak terpikir juga sih, bisa bertemu penulis dari buku-buku yang pernah aku baca. Tapi akhirnya ya bertemu juga dengan penulisnya. Buku-buku yang aku maksud tadi itu kebetulan rata-rata best seller. Dan belum lama ini aku bertemu dengan para penulis buku best seller itu🙂.
Baru-baru ini, bertemu dengan Trinity, penulis The Naked Traveler (TNT). Catatan dari hobby jalan-jalannya dia tuangkan di blog pribadinya, lalu dibukukan. Buku TNT ini saat ini sudah terbit 2 seri, TNT #1 warna biru, yang TNT #2 warnanya hijau. Aku baru punya yang seri pertama, itu juga belum selesai semua bacanya, hehe… Foto di bawah ini hari Sabtu 15 Januari 2011 kemarin, di Mizan Book Corner Jalan Kaliurang. Buku TNT ini aku beli waktu tahun lalu tugas di Bali, di Gramedia GatSu, Denpasar. Aku tertarik membelinya karena waktu itu aku juga suka jalan-jalan atau keluar travelling sendirian, tidak hanya diam di kost ketika waktu luang atau libur hari raya di Bali yang begitu banyak.

Sebelumnya sempat bertemu dengan A.Fuadi, penulis novel Negeri 5 Menara (N5M). Senang rasanya bisa bertemu dengan Da Fuadi (begitu aku menyebut namanya). Mengingat N5M ini buatku secara pribadi benar-benar memberi pencerahan. Ceritanya begini, (tempat beli bukunya sama dengan TNT) awalnya ke Gramedia tidak berniat membeli novel ini. Tapi entah kenapa begitu memegang pertama kali novel ini di deretan buku baru, rasanya ingin segera membeli. Melihat harganya Rp 50.000,- sebenarnya juga agak gimana gitu… (Dan tanpa discount! Biasalah, Gramed gitu… ;)) Belum pernah aku beli buku apa pun seharga itu pakai uangku sendiri. Akhirnya saat itu juga setelah membulatkan niat dan mengambil pecahan 50 ribu di ATM, aku belilah itu novel… Dan senangnya lagi, aku dapat edisi cetakan pertama! Edisi cetakan pertama selalu berkesan buatku pribadi😀.

Begitu berkesannya novel itu buatku karena aku merasa “dekat” dengan setting latar belakang tokoh utamanya. Tokoh utamanya, Alif Fikri, adalah berasal Ranah Minang. Lebih tepatnya di desa Bayur, tepi Danau Maninjau, Sumatera Barat. Aku pernah tinggal di Bukittinggi, Sumatera Barat. Saat itu aku mendapat tugas dari kantor tempatku bekerja untuk menyelesaikan proyek implementasi komputerisasi rumah sakit. Dan juga aku pernah ke Danau Maninjau bersama rekan-rekan kerja yang aku kenal di sana. Bukittinggi, kota yang jadi saksi sejarah hidupku untuk pertama kali tinggal sangat jauh dari orang tua, saudara dan teman-teman, dan dalam usiaku yang cukup muda, 18 tahun. Pengalaman yang kadang bikin aku speechless (beneran lho!). Dan memang: Sumatera Barat itu berkesan!
Juga novel N5M mengisahkan tentang sekelompok anak muda di pesantren yang memiliki impian besar dan berusaha mewujudkannya, dan mereka dapati suatu saat mimpinya memang benar-benar terwujud. Membaca N5M membuatku semakin termotivasi untuk bisa mewujudkan mimpiku saat itu untuk bisa kuliah. Dan sekarang ini… Mimpiku untuk bisa kuliah telah terwujud, setelah melewati momen-momen yang cukup emosional. Alhamdulillah… Makasih Da Fuadi atas inspirasinya, makasih Ya Allah atas pertemuan tak terduga dengan N5M…
(*catatan: setelah tamat membaca N5M dalam waktu kurang dari 3×24 jam, harga 50 ribu yang tanpa diskon itu serasa tidak ada apa-apanya…… hihihi)

Yak, ini dia… Melihat foto di bawah ini pasti nggak asing, kan?




Penulis yang karyanya berhasil memotivasiku untuk memiliki impian besar selagi muda dan berusaha mewujudkannya, jangan gampang down meskipun keadaan sedang sulit. Aku kenal novel Laskar Pelangi sejak Andrea tampil di Kick Andy pertama kali, sekitar tahun 2007 atau 2008, aku agak lupa. Yang jelas waktu itu sebelum aku lulus dari SMK. Pesan tersirat dari Laskar Pelangi agar JANGAN MENYERAH dan bahwa SEGALANYA ITU MUNGKIN TERJADI asal tetap YAKIN+BERUSAHA+BERDO’A itu benar-benar kuat terasa ketika aku mengerjakan tugas akhir SMK yang sangat menentukan kelulusanku. Dan akhirnya setelah menemui berbagai masalah dan kendala di luar dugaanku, aku berhasil menyelesaikan tugas akhirku. Tugas akhir yang menjadi salah satu yang mendapat nilai terbaik di jurusanku waktu itu. Ah… Sering aku kehabisan kata-kata menggambarkan waktu 5 tahun terakhirku ini…😮
Semoga dengan bertemu penulis-penulis bermutu itu aku jadi tambah semangat untuk bisa membuat tulisan-tulisan yang baik. Saat ini sebenarnya juga sedang menyiapkan naskah novel, tapi beberapa hari ini sedang tidak kulanjutkan karena ada hal-hal yang harus segera aku selesaikan dan sedang sakit juga ini… fluuuu…😮

3 thoughts on “meet the writer!

  1. Wahyu Alam

    kisah-kisahnya kawan mirip dgn saya, lulusan SMK suka baca, dsb. salam kenal dari tanah Madura, kawan.

Tinggalkan Balasan

