Kalahkan Virus Tanpa Antivirus & Live CD

Standar

Ternyata masih bisa juga ngalahin virus tanpa antivirus dan Live CD, hehe…πŸ˜€

Akhirnya, kalah juga tu virus. Setelah disapu pakai antivirus NOD32 dan ARTAV kok ternyata nggak ilang-ilang juga. Akhirnya puter otak, pakai cara manual. Seperti kata Pak Mario Teguh, kalau dengan suatu cara yang dilakukan berulang-ulang tidak menunjukkan hasil maka harus ada perubahan cara dalam menyikapi suatu masalah. Tentunya diiringi dengan SABAR.πŸ™‚

Ceritanya, komputerku rasanya kena virus. Terasa dari gejala-gejala yang menurutku nggak lazim, seperti settingan terakhir pada waktu shutdown yang terakhir kok nggak terasa ketika Log On Windows kemudian.πŸ˜•

Terus aku coba pakai antivirus yang terupdate. Terdeteksi sih virusnya, ada banyak ternyata. Ngeri-ngeri juga kayak trojan, worm gitu yang muncul ketika discan. Setelah di-clean sama antivirus kok ternyata nggak semuanya bisa bersihπŸ‘Ώ. Ada virus yang masih ngeyel bertahan di bentengnya C:\WINDOWS\system32.

Jadilah aku coba hapus-hapus manual, nggak mempan-muncul lagi dianya. Setting hidden yang aku show-kan semua file system juga secara otomatis dibuat ter-hidden lagi sama virusnya. β€œWah, ngajak perang nih virus…”, batinku.

Oke, berbekal pengalaman mondar-mandir di dunia persilatan terhadap virus (cuma mondar-mandir :D….), akhirnya sang pendekar bangun dari tidurnya. Membersihkan virus tanpa antivirus. Segala cara ditempuh. Mulai dari mencoba masuk ke Safe Mode sampai menggunakan senjata alternatif Live CD Linux. Eh, masuk ke Safe Modenya nggak bisa, diblok sama virusnya. Mau hapus file induk virus yang keliatan di live CD Linux juga nggak bisa karena permasalahan hak akses, mau ngubah hak akses di Linux kok lupa caranya juga (gubrak! ini dosa orang IT!).😳

Sebenarnya ada cara satu lagi yang menurutku paling efektif ketika membersihkan virus tanpa antivirus, yaitu dengan menggunakan Live CD Windows. Nah, ini masalahnya. Senjataku yang satu itu tak cari-cari nggak ketemu, padahal dari dulu udah ikut menemani sang pendekar mondar-mandir di dunia persilatan virus. Suasana semakin terasa weird…πŸ™„

πŸ’‘ Setelah dapat petunjuk dari Tuhan, Sang Maha Big Boss, akhirnya terpikir satu cara:
Aku masuk ke windows, LogOn biasa aja. Biarkan saja si file induk virus yang bersarang di C:\WINDOWS\system32 tetap hidup.

File induk virus itu dalam keadaan tersembunyi. Jadi, munculkan dengan melalui cara klasik Tools > Folder Options > pilih tab View.

Setelah itu segera masuk ke folder sarang di file induk virus itu. Buruan, sebelum di virus segera otomatis mengubah file system kembali terhidden. Pastikan bahwa file induk si virus itu masih tampak. (Dalam hal ini, aku lagi menghadapi virus yang lupa apa namanya, tapi dari hasil scan di antivirus, nama file induknya aslinya β€œigfxph32.exe”. Setelah file induk berhasil kubersihkan, aku hadirkan kembali hanya untuk ditampilkan dalam tulisan ini. Namanya kutambahkan β€œ_xβ€œ di belakangnya, agar dia nggak kembali aktif, siapa tau…)

Oke, setelah itu jalankan β€œRun” dan ketikkan perintah msconfig. Buka tab Startup. Perhatikan registry yang memicu aktifnya si file induk virus itu. Kejar lokasinya, dan segera hapus string-nya setelah ketemu. Setelah itu Apply dan OK. Tapi ingat: JANGAN KLIK DULU PILIHAN UNTUK RESTART.

Setelah itu kembali jalankan β€œRun”, lalu ketikkan β€œgpedit.msc”. Pada setting User Configuration pilih Administrative Templates > System > Prevent Access to Registry editing tools. Ubah settingnya dari yang tadinya β€œNot Configured” menjadi β€œEnabled”, setelah itu Apply dan OK.


(Langkah ini berfungsi untuk menghentikan pengaktifan secara otomatis file induk virus. Karena Registry Editor sudah tidak dapat diakses oleh user, jadi virusnya yang otomatis aktif karena LogOn si user juga tidak bisa mengubah Registry Editor.)

Yak… dan barulah silahkan direstart komputernya atau di Log Off saja kalau nggak mau kelamaan. Dan ketika sudah masuk windowsnya lagi, silahkan dicek di folder sarangnya di file induk virus, masih ada nggak sosoknya? Atau kalau mau lebih mantep dicek sekalian pakai antivirus yang masih terinstall, masih ada nggak virus yang terdeteksi?

Setelah itu kembalikan settingan sesuai keinginan anda, mungkin mengembalikan settingan Registry Editor agar bisa kembali anda akses untuk keperluan lainnya.

Gimana…?πŸ˜‰

One thought on “Kalahkan Virus Tanpa Antivirus & Live CD

  1. Ada yang mau aku tambahkan untuk yang langkah terakhir. Jadi sebelum kembali dicek itu maksudnya file induk virus yang terdeteksi sudah bisa dihapus manual (shift+delete), setelah itu coba scan ulang pakai antivirus untuk memastikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s