Berlayar: “Fresh” on 7

Standar

“Rasa” musik yang segar dari Sheila On 7 ditambah dua lagu berbahasa Inggris. Lirik-liriknya lebih berbobot tapi tetap easy listening. It’s Berlayar, the 7th album🙂

Kurang lebih itu kesimpulan setelah beberapa kali memutar CD “Berlayar”-nya Sheila On 7 (So7). Minggu lalu, awalnya nggak nyangka sepulang kuliah kok dengar di rumah seperti ada yang memutar lagu-lagu barunya So7. Ternyata kakakku yang hari itu berulang tahun ada yang kasih hadiah 1 paket CD “Berlayar”. Akhirnya punya juga album barunya So7, hehe… Selamatlah dari godaan yang menjerumuskan untuk download.

Aku ada catatan tersendiri setelah memperhatikan lagu-lagu di album ini. Album dibuka dengan track Have Fun, lagu dengan irama menghentak yang rasanya membuat orang berpikir, “So7 main musik kayak gini??”. Rasanya seperti dengar “Radio” di track pertama album 507, semacam shocking opening dari album So7.

Lanjut di track kedua, ada Pasti Ku Bisa yang sekarang jadi hits kedua yang sudah diputar di radio-radio. Menurutku aransemen di track ini datar-datar aja, mungkin liriknya yang terasa lebih “berisi”. Mulai dari lagu ini sepertinya So7 ingin menunjukkan warna “bangkit dari masalah” pada album ini, setelah di album sebelumnya, Menentukan Arah, yang bersifat “menemui masalah yang tak terduga dan tak diharap”. (ini menurutku lho ya :))

Nah ini dia, track ketiga: Hujan Turun. Pantaslah bila Giring “Nidji” di tweetnya menyebutkan suka sekali dengan lagu ini, karena waktu dengar lagu ini pertama kali aku merasakan ada sekilas warna musik & vokal yang biasa dimainkan Nidji🙂.

Lirik di lagu yang diciptakan Adam ini rasanya menguatkan pandanganku tentang album ini, “bangkit dari masalah”. Lirik yang menyiratkan kegalauan yang berat namun dibalut irama santai yang enak didengarkan berulang-ulang. Menurutku lagu ini cocok banget kalau nanti dijadikan hits ketiga album ini.

Tak akan kuhalangi
Walau ku tak ingin kau pergi
Kan kubangun rumah ini
Walau tanpa dirimu
Walau tanpa dirimu

(Hujan Turun – Sheila On 7)

Akhirnya So7 bikin lagi lagu berbahasa Inggris🙂. Di album ini ada On The Phone by Duta dan Perfect Time by Adam. Keduanya enak didengar. On The Phone, kisah kasih di line telepon. Perfect Time, lirik yang dewasa.

There is always a way for love
But sometimes not on the same road
Dreaming is the only land
Fits for you and me

(Perfect Time – Sheila On 7)

Lalu ada Berlayar Denganku, liriknya bagus, tapi aku sedikit kecewa sama lagu ini. Permainan gitar Eross di akhir lagu nggak terdengar tuntas, padahal enak banget dengarnya. Lagu berakhir fade out/ hilang perlahan, bukan clear (ini istilahku sih, nggak tau kalau istilah sebenarnya apa. Pokoknya gitu lah…). Dan sayangnya lagu On The Phone juga berakhir demikian.

Kamus Hidupku, ini yang paling aku suka liriknya dari semua lagu di album ini. Lagu ini dibawakan dalam versi demo. Memangnya yang bukan versi demo seperti apa? Entahlah, tapi aku baru pertama ini dengar lagu yang disebut “demo version”. Vokal Duta terasa agak berat, serak-serak gimana gitu…😀

Hmm… Overall, ini album rasanya seperti brand new Sheila On 7. Sebenarnya sih pengen banget dengar lagu baru So7 dengan aransemen macam album ketiga, ya model-model Seberapa Pantas gitu lah…

Ada pendapat lain?🙂

“Berlayar” track list:
1. Have Fun
2. Pasti Ku Bisa
3. Hujan Turun
4. On The Phone
5. Hari Bersamanya
6. Berlayar Denganku
7. Perfect Time
8. Kamus Hidupku (demo version)
9. Bait Pertama
10. Hari Bersamanya (accoustic version)

2 thoughts on “Berlayar: “Fresh” on 7

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s