Serunya Soft Launching “Laskar Pelangi Song Book”

Standar

Kalau ada Laskar Pelangi Song Book, apakah akan ada juga Song Book untuk Sang Pemimpi – Edensor – Maryamah Karpov?

Selain track-track lagu, apa bedanya kisah Laskar Pelangi yang novel dengan Laskar Pelangi Song Book?”

Dua pertanyaan itu yang sebenarnya aku siapkan ketika Pak Salman Faridi (CEO Bentang Pustaka) yang memandu acara meminta hadirin menyiapkan pertanyaan untuk Andrea Hirata, tapi ternyata sesi tanya jawab tidak ada sampai akhir acara.😉

Cukup gayeng juga acara soft launching Laskar Pelangi Song Book (LPSB) di toko buku Togamas Gejayan, Yogyakarta, beberapa saat tadi. Sang penulis, Andrea Hirata hadir ditemani penyanyi new comer, Meda. Menurut Andrea pula, paradigma tentang bincang sastra harus diubah, bincang sastra itu harus fun, harus menyenangkan.

Yang aku tangkap, LPSB ini sebuah buku berlatar kisah Laskar Pelangi dengan CD berisi 6 track lagu ciptaan Andrea Hirata sendiri. Maka menarik ketika Andrea bersama Meda menyanyikan beberapa lagu dari LPSB. Andrea main gitar, Meda yang nyanyi. Lagu-lagunya jauh lebih enak didengar daripada lagu-lagu Andrea yang ada di buku Sebelas Patriot (yang menurutku lebih terasa dipaksakan).

“Saya tidak ingin jadi musisi, ini hanya hobby.”, begitu ujar Andrea menekankan di awal. Sempat juga ia menyebut bahwa ada yang menanyakan padanya ‘download lagunya di mana, kak?’.😀 Maka beberapa kali Andrea mengajak pembaca untuk jangan beli karya bajakan.

6 track lagu dalam LPSB adalah lagu-lagu yang jadi soundtrack serial Laskar Pelangi yang sempat tayang di salah satu stasiun TV swasta. Dinyanyikan oleh Meda dan Cut Niken.

Di tengah acara ada juga reading session, yaitu pembacaan edisi internasional Laskar Pelangi, ‘Rainbow Troops’, oleh 4 orang pembaca. 4 orang itu: seorang dosen tamu asal Korea, Kim; peneliti di UGM asal Kanada, Anupama; mahasiswa exchange di UGM dari Universitas Tasmania, Ellie; dan seorang editor majalah fotografi, Widi. Menarik juga ketika Andrea menantang hadirin kalau ada yang berani untuk membaca Laskar Pelangi edisi bahasa Korea, dan yang maju ternyata cewek caantiiiikkk banget, ngakunya sih dari Belitong juga🙂. Lucu juga waktu baca bahasa Koreanya😀

Dibahas juga novel Laskar Pelangi yang akhir tahun 2012 ini bakal diterbitkan oleh Farrar, Straus and Giroux (FSG), penerbit asal New York. Dan ada beberapa kalimat menarik yang sempat aku catat dari Andrea:

“Mari kita susul (penulis-penulis ternama dari luar negeri). Kalau kita berkarya, we can do something big, big dream…”

“Berkaryalah kawan, jangan berkecil hati, karena karya itu nanti akan menemukan jalannya sendiri.”

Kalimat kedua itu, berawal dari cerita Andrea tentang salah satu lagu dalam LPSB yang temanya tentang kepergian Lintang yang berjudul “Selamat Tinggal Kawan”. Andrea mengaku kalau lagu tersebut dulu benar-benar ia ciptakan ketika sahabatnya, Lintang, memutuskan untuk tidak sekolah lagi dan berpisah dengan kawan-kawan sekolahnya. Ketika itu ujar Andrea, ia (Ikal) menyanyikan lagu tersebut diiringi petikan gitar Mahar, salah satu teman Laskar Pelanginya.

Aku kok jadi terpikir, ya? Mungkin lagu yang Ikal buat untuk Lintang saat itu memang ‘diperjalankan’ oleh-Nya hingga terlahirnya LPSB ini. Lagu itu menemukan jalannya hingga hadir di LPSB. Hmm… Bisa jadi, sih… Apa iya Ikal saat itu sudah tahu kalau bakal ada rangkaian novel – film – teater – serial – LPSB seperti sekarang ini?

Iya juga, ya… Karya apapun akan menemukan nasibnya sendiri. Termasuk karya skripsi😀

Usai acara, sayang sekali antrian hadirin nggak rapi seperti acara tanda tangan + foto di Togamas biasanya. Aku yang niatnya menunggu di belakang sampai agak sepi, malah nggak jadi ikutan tanda tangan buat ‘Sebelas Patriot’ + foto bareng Andrea. Tau-tau Andrea udah mau lewat di depanku dikawal Pak Salman dan beberapa orang lainnya. Tapi nggak apa-apa deh, udah pernah juga foto bareng + tanda tangan Andrea di Laskar Pelangi.🙂

Laskar Pelangi Song Book menurutku bakal menawarkan pengalaman membaca kisah inspiratif Laskar Pelangi dengan iringan soundtrack. Patut ditunggu kehadirannya di akhir Juni 2012.😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s