Gara-gara “My Great Adventure of Indonesia”

Standar

Percaya kalau Indonesia itu surga? Mau ikut jalan-jalan keliling surga, eh… Indonesia? Atau mungkin kamu pernah menjelajahinya?😀

The Video Commercial (TVC) Djarum Super, “My Great Adventure of Indonesia”, seri kedua ini menurutku nggak kalah serunya dengan seri pertama tahun 2011 lalu. Yang aku perhatikan dari sisi musik scoring, begitu matching dengan adegan-adegan serunya. Kombinasi musik scoring dan sinematografi yang amazing buatku memang tidak terasa sebagai sebuah iklan. Malah seperti promosi pariwisata😀. Aku merinding tiap dengar scoringnya dan nggak bosan-bosan.

Dan setiap nonton “My Great Adventure of Indonesia” ini jujur aku malas melirik merek produsen rokok yang tampil😀. Aku bukan perokok (dan nggak mau ngerokok :D), tapi rasanya berterima kasih sekali pada produsen rokok Djarum yang telah membukakan mata khalayak tentang amazingnya surga bernama Indonesia ini (disamping secara tak langsung membukakan mataku bahwa Kemenbudpar do nothing ;)).

Tahun 2011 lalu pertama kali lihat seri pertama TVC “My Great Adventure of Indonesia” (MGAI), dalam hati aku berseru, “Ya, betul! Betul Indonesia seperti itu amazingnya!” Kenapa? Karena dalam tugasku bekerja di beberapa daerah di Indonesia telah benar-benar membuka mataku tentang betapa luar biasanya ini negeri.

Di waktu luang hari kerja dan hari libur, sering aku keluar kost, bepergian baik sendirian maupun dengan teman kerja di kota setempat. Dari jalan-jalan yang jarak dekat sampai yang terhitung jauh. Dari rasanya menyentuh air, batuan, flora-fauna, budaya sampai sejarah. Dari yang berbayar sampai yang gratisan😀.

Memang aku baru sempat tinggal di sebagian kecil pulau di Indonesia, tepatnya Sumatera, Jawa, dan Bali. Tapi di perjalanan yang baru sedikit itu, sejauh yang tampak di mataku aku coba cerna dan hasilnya meruncing ke satu kesimpulan: SEHARUSNYA menjadi sebuah OMONG KOSONG bagi negeri semegah ini bila disebutkan bahwa sebagian besar rakyatnya hidup di bawah garis kemiskinan!

Tapi sudahlah, tidak usah dulu kita pusing-pusing memikirkan sendiri bagaimana mengubah nasib negeri ini. Sangat sulit bahkan nggak mungkin kita bergerak dengan kekuatan manusia untuk mengubah. Kita berunding saja dengan Tuhan mau diapakan negeri megah tercinta ini sambil masing-masing dari kita membantu “menyumbang batu bata dan sedikit tenaga” untuk recovery nasib Sang Zamrud Khatulistiwa. Oke?😉

Kembali ke TVC MGAI, ini juga yang jadi salah satu alasanku membuat blog traveling yang isi tulisannya aku ambil dari perjalanan-perjalanan yang kulakukan sendirian atau dengan teman-teman🙂. Tapi belum semuanya aku ceritakan di blog itu😉.

Percayalah, berpetualang akan mengaktifkan seluruh indera yang kamu punya. Percayalah, mengetahui apa yang belum kamu ketahui semakin membuatmu terasa kecil bahkan bodoh sendiri. Kalau belum percaya, lakukan saja perjalanan dan rasakan sendiri sensasinya! TVC “My Great Adventure of Indonesia” bisa jadi contohnya.🙂

Jadi menurutku, benar sekali bahwa perintah tentang melakukan perjalanan itu relevan dengan pengalaman mengenal perbedaan sesama manusia, bangsa, dan tanah yang kita pijak.

Menurutku, sangat terasa bahwa perintah pertama tentang ‘Membaca’ itu ternyata mengaktifkan semua indera yang dimiliki.

Menurutku, cukup nyata tentang perintah jangan menjadi orang sombong. Karena semakin banyak menemukan hal-hal yang baru bagi diri kita (khususnya saat travelling), semakin merasa diri sendiri bukanlah apa-apa.

Masa iya sih, kita nggak mau mikir?😉

“Jika Anda adalah seorang petualang, maka ciptakanlah petualangan Anda sendiri. Pergi dan tantanglah diri Anda, lalu rasakan betapa luar biasa negeri ini.
Setelah berkeliling Indonesia dan merasakan keindahannya, saya berharap tiap orang di Indonesia mendapatkan petualangan mereka masing-masing. Karena petualangan itu ada di luar sana untuk diraih. Hal yang perlu Anda lakukan adalah bangun, dan lakukan!”
(Bob Gordon, sutradara TVC Djarum Super “My Great Adventure of Indonesia” – behind the scene MGAI eps. 5)

 

Jogja, 2 Juli 2012
07:26 WIB

One thought on “Gara-gara “My Great Adventure of Indonesia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s