Merayakan “Gelombang”

Standar

Sabtu (17/1) lalu Klub Baca Buku Jogja kembali berkumpul di Mooi Kitchen, Yogyakarta. Buku yang dibahas kali ini adalah seri Supernova terbaru karya Dewi ‘Dee’ Lestari, Gelombang. Merry Fatmawati hadir sebagai pemantik obrolan buku ini.

Perkenalan satu per satu pembaca buku yang hadir mengawali acara sore itu. Kemudian seperti biasanya, masing-masing yang hadir membacakan buku secara bergiliran lalu membagikan tanggapannya atas buku tersebut.

KBBJ Gelombang

Merry mengawali giliran membaca dengan memilih bagian ketiga kisah Gelombang pada halaman 33. Usai membaca ia mengaku menyukai bagian tersebut karena keunikan nama lengkap Ichon, Thomas Alfa Edison. “Orang Batak suka menamai anaknya dengan nama-nama besar karena berharap anak-anaknya sesukses nama orang-orang besar tersebut,” ungkapnya.

Usai Merry ada Grace. Ia memilih membaca bagian akhir Gelombang. Setelah membaca ia mengungkapkan ketertarikannya tentang sisi ilmiah mimpi yang diceritakan Dee dalam Gelombang, tentang ke mana kesadaran kita saat sedang tidur.

Sisi misterius yang diceritakan dalam Gelombang memberi kesan tersendiri bagi Udin. Ia mencontohkan pada rasa penasaran Gio terhadap sosok yang membuntutinya. Bagaimana bisa orang lain yang tidak kita kenali kemudian datang kepada kita, tahu tentang kita, dan memberi tahu bahwa kita harus melakukan ini itu?

Kemudian ada Gin, penulis novel Bulan Merah, yang juga hadir di Klub Baca Buku Jogja kali ini. Setelah membaca bagian Gelombang yang dipilihnya ia menyebut mimpi Alfa yang diceritakan dalam novel Dee ini seperti pada film Inception. “Bedanya, kalau di Inception ada alat untuk mengetahui orang itu sedang bermimpi atau tidak. Sedangkan di Gelombang Ichon tinggal melihat tangannya untuk mengetahui apakah ia sedang bermimpi atau tidak,” ungkapnya.

“Menurutku, sih, cukup lucu,” ujar Bentar, salah satu pembaca buku yang hadir setelah membacakan halaman 69 s/d 74. Alumnus jurusan Teknik Nuklir tersebut mengaku belum membaca Gelombang dan baru sore itu membacanya. Di Klub Baca Buku Jogja memang tidak perlu khawatir jika tidak membawa buku yang sedang dibahas, karena selalu ada buku yang dapat dibaca secara bergantian.

Riset Dee

KBBJ Gelombang

Tanggapan-tanggapan yang tidak jarang memancing tawa bergantian mengapresiasi novel karya Dee tersebut sore itu. Menurut Grace yang mengaku adDEEction, seri Supernova: Partikel lebih menarik daripada Gelombang. Gelombang seperti dikerjakan dengan terburu-buru, “Seperti dikejar deadline,” ujarnya. Namun baginya tetap menarik untuk ditunggu ending dari Supernova pada Inteligensi Embun Pagi.

Riset Dee dalam merangkai kisah Supernova menjadi topik yang menarik juga sore itu. Udin bercerita mengenai apa yang Dee sampaikan dalam acara booksigning di Jogja belum lama ini tentang riset. Hal-hal kecil seperti adegan bermain gaple dalam Gelombang Dee riset betul, mulai dari bagaimana permainannya, berapa pemainnya, dan hal-hal lain yang terkait gaple.

“Menurut saya riset paling luar biasa ada di Partikel,” kata Gin menanggapi.

Novelis yang juga hadir sore itu, Annisa Andrie, menanggapi pula riset Dee. “Menurut saya Dewi Lestari jagonya riset. Karena risetnya kuat dan nulisnya bagus maka tidak ada kalimat sampah,” ujarnya.

“Deskripsinya emang beneran bagus,” ujar Merry menggambarkan riset kisah Gio di Vallegrande dalam Gelombang.

Obrolan mengenai Gelombang semakin seru hingga menjelang petang, khususnya ketika membahas tentang Ayahuasca, halusinogen, dan alam bawah sadar yang dipantik oleh Fardan yang juga pemilik Mooi Kitchen. Klub Baca Buku Jogja sore itu dipuncaki dengan mini peluncuran novel terbaru karya Annisa Andrie berjudul Menikahlah Denganku yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka.

Obrolan Klub Baca Buku Jogja sore itu mengingatkanku pada apa yang pernah Dewi sampaikan pada acara Ngopi Bareng Dee di Jogja tahun 2012 lalu bahwa imajinasi pembaca adalah hal terjujur. Hal yang unik baginya adalah imajinasi pembaca atas tulisannya baik novel maupun cerpen. Setiap orang bisa memiliki bayangan yang berbeda dan tidak terbatas. Itulah yang menjadikan obrolan sore itu lebih kurasa sebagai perayaan.

klubbaca_gelombang

twitter.com/klubbaca

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s