Sepenggal Karangasem #1: Travel Writing

Standar

Beberapa kicau terakhir di sosmed dengan seorang teman beberapa hari lalu mengingatkanku pada suatu tempat di kawasan timur pulau Bali: Karangasem. Kuingat-ingat lagi, ternyata lima tahun lalu pengalamanku tinggal di Karangasem. Lima tahun? Rasanya baru kemarin!

Tinggal di Karangasem, meski hanya hitungan bulan, adalah salah satu titik terpenting pengalaman hidupku. Kurang lebih setahun setelah meninggalkan Karangasem aku membuat tulisan perjalanan/travel writing yang kemudian kukirimkan ke salah satu media lokal yang terbit di Yogyakarta. Ternyata dimuat meski terdapat pengurangan beberapa paragraf (yang bagiku justru paragraf terbuang itulah inti travel writing yang kutulis).

Radar Jogja - Minggu, 13 November 2011

RADAR JOGJA – Minggu, 13 November 2011

Travel writing tersebut kutulis pada masa awal kuliah. Aku berinisiatif menulis travel writing terutama karena sebelumnya pernah mengikuti workshop travel writing yang diselenggarakan oleh penerbit ternama yang berbasis di Yogyakarta.

Setelah satu tulisan tersebut dimuat aku mencoba menulis travel writing lagi dan mengirimkannya ke media-media cetak. Rupanya belum satu pun travel writing-ku dimuat lagi. Mungkin aku yang kurang jeli antara pilihan destinasi yang kutulis dengan jenis destinasi yang kerap dimuat media yang kukirimi tulisan. Atau memang saat itu aku yang harus mengasah lagi kemampuan menulis travel writing.

Benar-benar ditolak mediakah tulisanku tersebut? Entah. Mungkin juga setelah pengabaianku atas rubrik yang memuat travel writing lantas media yang kukirimi tulisan memuat tulisanku tanpa memberitahuku melalui saluran-saluran kontak yang telah kuberikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s