Sepenggal Karangasem #2: Menjadi Anak-anak?

Standar

Pagi itu jalanan masih basah karena hujan semalam. Aku berangkat kerja pagi itu dengan berjalan kaki karena jarak rumah kost dan tempat kerja memang tidak jauh. Selain karena semalamnya motor kutinggal di rumah sakit sebab pintu gerbang kost sudah terkunci. Rumah kost di sebelah SMP Negeri 1 Karangasem, tempat kerja di rumah sakit Karangasem.

Perjalananku pagi itu hanya sebentar, tapi berkesan. Dari kost menuju RS melewati SMA Negeri dan satu SD Negeri. Hari itu hari purnama. Seperti hari purnama di Bali biasanya penganut Hindu memakai pakaian adat. Ketika melewati halaman SD Negeri aku melihat para siswa yang bermain di halaman sekolah. Belum waktunya masuk kelas. Tampak di halaman sekolah itu anak-anak berpakaian adat Bali, ada yang berkerudung, ada yang berbaju koko. Mereka main pasir, kejar-kejaran, main ayunan. Jika aku berpandangan bahwa pakaian yang mereka kenakan menyimbolkan keyakinan, anak-anak itu tidak memandangnya sebagai pembatas untuk bermain bersama.

Pemandangan itu kuingat betul sejak pagi itu hingga hari ini. Ah, bahkan perbedaan keyakinan bukan urusan bagi anak-anak di halaman SD itu untuk berkumpul, untuk menyatu dalam dunianya. Sebagai orang dewasa–yang mendengar, melihat, membaca dari kabar bahwa perbedaan keyakinan dianggap membatasi pergaulan di sana-sini bahkan menyebabkan perang–pemandangan pagi itu menawarkan pelajaran penting.

Haruskah orang dewasa menjadi anak-anak untuk tidak perlu menyekat mutlak keyakinan satu sama lain? Atau… tidak penting aku menyebut dewasa atau anak-anak, namun cukup membawa diri sebagai manusia berapapun usiaku? Atau jangan-jangan dunia anak-anak lebih manusia dibanding dunia orang dewasa–yang mengaku manusia namun memilih memperselisihkan keyakinan bahkan mengajak berperang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s