Dicangar Obat #ceritapaman

Sampai dengan tulisan ini ditulis Upi masih batuk berdahak. Dahak belum keluar betul dari tenggorokannya. Mungkin juga karena dia masih dua tahun, belum punya kesadaran bagaimana mengeluarkan dahak dari tenggorokan seperti orang dewasa. Kasihan juga, sih, kalau lihat wajahnya pas batuk berat gitu.

image

Disuapin ibunya makan puding pelangi yang barusan kubelikan. Puding yang ia minta sendiri dalam kondisi susah makan waktu sakit.

Obat yang harus diminumkan, yaitu Hufagrip. Sebelumnya sakitnya dia dengan demam dan pilek, tapi sekarang demam dan pileknya udah reda, tinggal batuk berdahaknya yang belum selesai. Karena obat yang satu itu dia berontak kalau disuruh minum maka kemarin aku dimintai tolong ayahnya untuk bantu meminumkan dengan cara dicangar. Ibunya pas lagi mandi.

Dicangar itu kurang lebih begini, si anak kepalanya direbahkan lalu mulutnya dikondisikan terbuka supaya bisa dimasukin obat. Dosis untuknya kemarin ada 4 pipet sekali minum. Kurebahkan kepalanya di pangkuanku lalu ayahnya memasukkan obat sirup ke mulutnya.

Ya agak nolak juga dia minum obatnya, karena rasanya mungkin yang nggak enak buat dia. Minumnya sambil nangis.

Melihat cara meminumkan obat seperti itu aku jadi ingat waktu kecil kalau pas lagi sakit, ada kondisi aku dipaksa minum obat sama bapak & ibuk. Rasanya obat yang harus kuminum nggak enak, tapi ya memang itu obat yang harus diminum. Minumnya sambil nangis dan badan berkeringat. Setelah itu rebahan lagi di kasur.

Sampai pada usia tertentu, lupa berapanya, aku minum obat dengan cara khusus. Karena buatku menelan tablet rasanya susah maka bapak dan ibuk harus menghancurkan tablet sampai halus di sendok makan lalu diberi air, setelah itu diminumkan. Padahal sebenernya malah kerasa pahitnya obat kalau digerus gitu, ya?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s